Sabtu, 15 Juni 2013

FILOSOFI HEDGEHOG (Sejenis Landak)



Hari itu adalah musim salju yang paling ekstrim di Canada. Banyak binatang-binatang yang mati akibat beku dan dingin yang teramat sangat. Di daerah tersebut tinggal sekelompok Hedgehog (seperti landak).


Mereka memutuskan untuk tinggal berkelompok bersama-sama di sebuah gua agar tetap hangat. Mereka mendekatkan diri satu sama lainnya; namun ketika merek berdekatan, duri-duri mereka melukai teman-teman terdekat mereka.

 
Setelah beberapa saat, mereka pun memutuskan untuk menjaga jarak satu sama lainnya dan mereka mulai merasa sendiri, beku dan akhirnya terancam mati. Jadi mereka harus memutuskan menerima duri-duri temannya atau meninggalkan bumi tercinta ini.

Secara bijaksana, mereka memutuskan untuk kembali dan bersatu. Mereka pun belajar untuk hidup dengan luka-luka kecil akibat jarak yang sangat dekat dengan sahabat-sahabatnya supaya dapat menerima dan merasakan kehangatan mereka. Cara inilah yang membuat mereka akhirnya selamat dan hidup.


Apa moral cerita ini?


Hubungan yang terbaik dalam hidup ini bukanlah dengan cara membawa orang-orang yang sempurna dalam kelompok. Tetapi ketika semua individu belajar untuk hidup dengan ketidak sempurnaan orang lain dan meng-apresiasi semua kehangatan yang diberikan oleh teman-temannya.


Hal inilah yang membuat hidup kita menjadi lebih “hidup” dan "mampu bertahan" dalam situasi atau lingkungan ekstrim sekalipun.



(terima kasih kepada Mba Berandini)



Salam,

0 komentar:

Posting Komentar

 

Labels

Popular Posts