Rabu, 29 Februari 2012

Segi Lima, Segi Enam, dan Bola

Coba perhatikan bangun segi lima di atas. Jika bangun segi lima di susun, akan didapatkan ruangan kosong. Artinya, susunan segi lima, tidak optimal membentuk suatu bidang yang kokoh. Masih diperlukan lagi bangun bidang datar lainnya untuk menjadikan susunannya optimal, penuh, tidak ada ruang kosong.



Lalu, perhatikan juga susunan bangun segi enam di atas. Bangun datar segi enam jika di susun atau di rangkai, akan membentuk bangun datar yang lebih optimal, karena tidak ada ruang kosong. Maka tidak salah jika, kita mendapatkan desain model paving block adalah segi enam. Hal ini pula yang dijadikan 'dasar' pembuatan sarang lebah. Segi enam memiliki luas bidang yang lebih besar bila dibandingkan dengan segi bidang yang lainnya, sehingga lebah lebih banyak menghasilkan madu.
Sekarang, perhatikan gambar bola di atas. Apa yang bisa Anda lihat? Ya benar, ternyata, bola bisa tersusun dari bangun segi lima dan segi enam. Artinya, segi lima dan segi enam, jika di susun atau di rangkai, akan membentuk bangunan tiga dimensi berupa bola. Sehingga dengannya, akan lebih kokoh dan kuat.

Sahabat,

Rukun Islam yang berdasar pada rukun Iman, akan menghasilkan Ihsan. Rukun Islam itu ada lima (digambarkan dengan bidang segi lima). Ketika dijalankan tanpa keimanan (rukun Iman yang enam, yang berarti digambarkan juga oleh segi enam) tidak memiliki nilai ibadah dihadapan-Nya, tidak sempurna dihadapan-Nya. Persis seperti segi lima yang di susun dan masih terdapat ruang kosong didalamnya.

Begitu juga dengan rukun Iman, tanpa adanya pelaksanaan dan penegakan rukun Islam, hanyalah impian tak berujung. Karena yang namanya Iman, itu harus terbukti dan teraplikasi dalam aktivitas jiwa dan raga. Sehingga ketika Iman tanpa pelaksanaan syariat (rukun Islam), ia seperti bangun datar yang tidak memiliki volume (ruh dan jiwa), sebagaimana bangunan segi enam yang di susun.

Namun, ketika rukun Islam ditegakkan dengan aqidah keimanan yang kuat, akan menghasilkan ahlak Ihsan, dan inilah yang tertinggi nilainya dihadapan-Nya. Ihsan tergambarkan dalam bola yang kokoh dan kuat. Ia memiliki volume, kekuatan ruh dan jiwa serta ikhlas dalam penghambaan kepada-Nya. Rukun Ihsan itu hanya satu. Dan satunya tersusun dari yang lima dan  yang enam. Persis seperti bola yang tersusun dari bangun segi lima dan segi enam.

Wallahu'alam.


Imam Nugroho | MSB
Mindsetter SuksesBahagia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Labels

Popular Posts