Jumat, 17 Februari 2012

Yang Kita Anggap Kecil ...



Anda pernah tersandung kakinya ketika berjalan, ya kan? Biasanya, kita tersandung oleh benda-benda yang kecil (batu kecil) atau benda-benda yang besar (batu besar, tembok, dinding)? Dari pengalaman, saya biasanya tersandung oleh benda-benda kecil, batu kecil. Begitu juga dengan Anda, ya kan?

Ah, saya jadi berpikir, ternyata kita harus hati-hati dengan sesuatu yang 'kecil' atau kita anggap 'kecil'. Karena, bisa mengakibatkan sesuatu yang 'besar.' Ketika kita tersandung batu kecil, misalkan, lalu kita jatuh dan berdarah, bukankah itu sesuatu yang 'besar' yang disebabkan oleh sesuatu yang 'kecil'?


Dalam menjalani hidup dan kehidupan, hati-hatilah dengan dosa-dosa kecil atau dosa yang kita anggap kecil. Karena, itu akan menghadirkan dosa yang besar ketika kita tidak bisa 'merawatnya.' Ya, merawatnya dengan segera membersihkannya dengan taubat, taubatan nasuha.

Dan, jangan menganggap sepele sesuatu yang kecil. Adakalanya, sesuatu yang kecil itulah yang bisa mengangkat harkat dan martabat kita dihadapan Allah SWT. Seyum ramah kesetiap orang yang kita jumpai, menyapa dengan santun, atau sekedar mengucapkan terima kasih ketika ada orang yang membantu kita, adalah hal-hal kecil yang justru akan menghadirkan kecintaan dari Allah SWT. Bahkan, sebenarnya itu adalah sesuatu yang besar nilainya.

Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

Sepertinya benar pepatah tersebut. Dosa-dosa kecil yang kita perbuat, pada akhirnya akan menjadi dosa besar yang mendatangkan murka-Nya. Maka, segeralah bertaubat dan jangan anggap remeh. Begitu juga dengan setiap amalan hasanah yang kecil, istiqamahkan dalam melakukannya, karena ia adalah kunci menuju surga-Nya.

Kebahagiaan atau kesusahan, ditentukan oleh sesuatu yang kecil, atau yang kita anggap kecil. Maka, berhati-hatilah !!!



Salam SuksesBahagia !!!

Imam Nugroho | MSB
Mindsetter SuksesBahagia


gambar: dhammacitta.org

0 komentar:

Posting Komentar

 

Labels

Popular Posts