Sabtu, 04 Februari 2012

Temukan & Rayakan



Suatu hari saya menerima telephon dari keponakan yang berusia 2 tahun. Dia memamerkan sesuatu yang baru saja dia lakukan.

”Om, Lia dah bica pake baju ndiri.” terdengar begitu bahagia.
Sehari kemudian, masih lewat telephon, dia lagi-lagi memamerkan hal baru yang diraihnya.
”Om, Lia dah bica makan ndiri, habis lagi, Lia ceneng banget.”
”Wah, Lia hebat. Jadi sekarang Lia kalo makan ga disuapin lagi ya..”
”Iya..”
Saya tersenyum. Saya baru saja mendapatkan pelajaran baru. Anak kecil memiliki pola kehidupan yang natural. Dia selalu berusaha untuk mencoba hal-hal yang baru dalam hidupnya. Ketika melihat orang tuanya melakukan apapun, dia berusaha untuk menirunya. Dan ketika dia berhasil, dengan segera dia ”merayakan” kemenangannya itu.
Sahabat,
Temukan hal-hal yang baru dalam hidup kita walaupun itu kecil. Ciptakan hal-hal yang baru dalam hidup kita walaupun itu sepele, seperti yang anak kecil lakukan. Hidup ini tidak boleh ’flat’ atau stagnan. Muhammad SAW pernah bersabda, ”Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Hari esok harus lebih baik dari hari sekarang.” Hal ini mengisyaratkan perlunya perubahan dalam hidup kita.
Kita yang biasanya berangkat kerja lewat jalan yang sama, sekali-kali kita merubah rute perjalanan pulangnya. Sederhana memang dan mungkin sesaat kita tidak merasakan dampaknya. Namun coba lihat beberapa waktu ke-depan, anda akan merasakan dampak dari ’kreatifitas’ hidup yang kita buat.
Hal tersebut pernah saya alami. Saya merasakan dampaknya setelah saya melakukan perubahan rute menuju tempat kerja selama 2 tahun. Apa yang saya rasakan? Saya merasa hidup ini ’kaya’ dengan suasana, hal-hal yang baru, dan itu menjadikan saya bisa menjaga ’ritme’ kehidupan sehingga lebih tenang, damai, dan emosi yang terjaga.
Sekali lagi saya tekankan, buat sesuatu yang baru dalam hidup kita, walalupun itu kecil. Bukankah sesuatu yang besar berawal dari yang kecil dulu?
Selain itu sahabat,
Temukanlah kesenangan meskipun kecil yang terjadi dalam diri kita. Banyak kesempatan untuk menemukan kesenangan tersebut, salah satunya adalah dengan menciptakan yang baru. Setelah itu, setiap hal yang baru bisa kita lakukan, dan kita-pun merasakan senang di hati, rayakan-lah keberhasilan (meraih kesenangan) itu. Sebagaimana yang keponakan saya lakukan, setelah dia berhasil, dia merayakannya dengan ’lapor’ kepada saya.
Bagaimana cara kita merayakan keberhasilan yang di-raih?
Caranya adalah dengan ’lapor’ kepada Tuhan. Inilah yang kemudian kita kenal dengan istilah ’bersyukur’. Bersyukurlah setiap kita mencapatkan sesuatu yang baru dan menyenangkan. Ingat, manusia yang pandai bersyukur, akan ditambah kenikmatannya oleh Tuhan, dan sebaliknya, jika kita tidak pandai bersyukur, maka Tuhan akan memberikan azab yang amat pedih (Ibrahim : 7)
Sahabat,
Jadilah kita pribadi-pribadi yang ’penasaran’ dengan hal-hal yang baru, sehingga kita ingin mencobanya, melakukannya, dan berhasil. Rayakan keberhasilan itu dengan ’laporan’ kepada Yang Maha Kuasa, lalu lihat apa yang terjadi.




Imam Nugroho
Follow Me @imamkamal



0 komentar:

Posting Komentar

 

Labels

Popular Posts