Senin, 26 November 2012

Hadapi Beban Hidupmu

Bukan apa yang terlihat di penampakan; diri dalam Anda jauh lebih berharga. Penampilan dari luar mudah dibeli. Padahal kekuatan Anda tertanam di dalam diri melalui perjalanan hidup yang panjang, terjal dan licin; sesuatu yang Anda alami sehari-hari.



Jujurlah pada diri sendiri. Luruhkan sedikit demi sedikit topeng-topeng semu yang Anda kenakan. Ketidakjujuran mungkin tempat berlindung yang baik, namun sama sekali bukan tempat tinggal yang menentramkan.

Tikus yang mengaum bagai singa tetap saja lari menghindari terkaman kucing. Dua petinju yang saling bertatapan tajam harus mengalahkan kegentaran hatinya terlebih dahulu. Bukan soal kerasnya tulang atau besarnya otot, namun tegarnya hati yang mampu mengalahkan kegentaran Anda.

Jangan takut untuk menghadapi tantangan yang terbentang di hadapan. Sesulit apapun masalah, ia takkan melebihi kemampuan Anda untuk memikulnya. Ayo, selesaikan semua persoalan. Untuk itulah Anda berada di sini.

Ingat firman Allah SWT :

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

(Q.S. Al-Baqarah [2] : 286)

Salam SuksesBahagia !!!

Imam Nugroho

1 komentar:

 

Labels

Popular Posts