Senin, 14 Mei 2012

E=mc2 Kehidupan


Manchester City, akhirnya menjadi juara liga Inggris 2011/2012, setelah mengalahkan QPR 3-2. Dari pertandingan semalam, MC memang layak menjadi juara. Dalam waktu 5 menit (injury time), mereka mampu membalikkan keadaan setelah 90 menit skor pertandingan 1-2 dari QPR. Gol Dzeko dan Aguero, di 5 menit terakhir adalah “gol penyelamat” yang datang di saat yang tepat.

Pelajaran apa yang bisa kita dapatkan dari pertandingan semalam?

Di artikel-artikel sebelumnya, secara detail telah saya paparkan beberapa hikmah yang bisa kita dapatkan dari pertandingan sepak bola. Nah, pada kesempatan kali ini, ada hal lain yang ingin saya sampaikan, mengenai sudut pandang lain dari pertandingan semalam.

Sahabat,

Kita telah mengenal rumus Einstein tentang energi, yaitu E=mc2. Nah, pertandingan semalam, adalah aplikasi dari rumus tersebut di lapangan untuk meraih kemenangan. Ya, energi dahsyat yang dimiliki para pemain MC lah yang menjadikan mereka layak menjadi pemenang. Energi dahsyat tersebut adalah formula dari Motivasi (m) x Confidence (c) x Calm (c).

Motivasi adalah penggerak utama untuk terwujudnya sebuah visi. Ia lah ruh yang telah menggerakan semua sendi-sendi. Kita perhatikan, selama 90 menit (+5), pemain MC tidak kendur atau mengurangi motivasinya untuk menjadi juara. Selama peluit panjang belum berbunyi, maka tidak ada kata mundur dari laga.

Begitulah kiranya dalam menjalani hidup dan kehidupan ini, motivasi adalah nafas utama untuk meraih hidup SuksesBahagia. Telah begitu banyak para motivator membahas pentingnya motivasi dalam kehidupan. Namun, banyak pula manusia yang motivasinya selalu padam tiada menyala, menerangi jalan gelap kehidupan.

Apa masalahnya? Masalahnya adalah tidak adanya kesadaran diri. Ya, kesadaran diri adalah sumbu utama motivasi hidup yang telah Tuhan tanamkan dalam diri manusia. Kesadaran diri dalam hal apa? Kesadaran diri dalam hal, kalaulah kehidupan kita ini harus dipertanggungjawabkan dihadapan Tuhan, kelak di hari akhir. Kesadaran tanggungjawab atas hidup yang Tuhan titipkan. Inilah kesadaran IMAN yang kemudian terealisasi dalam pakaian TAKWA.

Confidence (percaya diri) adalah hal kedua yang dimiliki oleh pemain MC. Eitts, percaya diri bukan berarti sombong. Percaya diri adalah bentuk penghargaan tertinggi terhadap diri sendiri, kalaulah diri ini memiliki nilai lebih bila dibandingkan dengan masalah-masalah yang ada. Toh Tuhan telah menganugerahi kita (manusia) kelebihan dibandingkan dengan mahluk yang lainnya.

Maka, dalam proses menjalani hidup bahagia, PeDe mutlak harus kita miliki. PeDe jika masalah yang hadir dalam hidup itu tidak lebih tinggi dari diri ini. PeDe jika Tuhan telah memberikan masalah dan menyiapkan solusinya.

Calm (tenang) adalah hal ke tiga yang juga dimiliki oleh pemain MC. Mereka cukup bersabar dan tidak tergesa-gesa dalam “membobol” pertahanan QPR. Ketenangan adalah energi terdahsyat. Ingat dengan pepatah “air tenang menghanyutkan” bukan? Itulah dampat dari ketenangan yang optimal. Maka perlu sebuah ketenangan jiwa dalam proses pencapaian-pencapaian hidup.

Sahabat,

Yuk kita belajar dari MC untuk meraih impian indah. Milikilah energi yang berbahan bakar Motivasi, Kepercayaan Diri, dan Ketenangan. Dan, mohonlah kepada Tuhan kekuatan dalam membakar energi diri untuk bangkit dari keterpurukan. Ah, sejujurnya, tidak ada keterpurukan hidup, hanya mindset kitalah yang mengatakan kalaulah hidup ini terpuruk.


Salam SuksesBahagia !!!


Imam Nugroho
Mindsetter SuksesBahagia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Labels

Popular Posts