Jumat, 29 Juni 2012

Berkelanjutan Meskipun Sedikit


Tetaplah bergerak maju, sekalipun lambat (alon-alon asal kelakon). Karena dalam keadaan tetap bergerak, Anda menciptakan kemajuan. Adalah jauh lebih baik bergerak maju meskipun pelan, dari tidak bergerak sama sekali.

Dalam hidup, kita sering merasa buntu hanya karena kita ingin mengambil satu langkah yang terlalu besar, langkah raksasa. Akibatnya, masalah kita jadi terlihat besar sekali, kompleks, dan tak terselesaikan.

Yah, ibarat para mahasiswa yang akan menghadapi Ujian Akhir, mereka menggunakan metode SKS (Sistem Kebut Semalam) dalam belajar. Tentu hal ini tidak akan menghasilakan sesuatu yang optimal, alih-alih mendapatkan nilai yang maksimal, malah tertidur disaat menjalankan ujian.

“Berkelanjutan” !!! Itu kata kuncinya. Meskipun hal-hal kecil yang baru dapat kita lakukan atau jalankan. Sabar dan coba rehat sebentar (untuk membuat strategi). Perhatikan tantangan-tantangan hidup Anda. Tidakkah lebih memungkinkan bagi Anda untuk mengambil langkah-langkah pendek terus menerus, ketimbang menelan semua masalah sekaligus.

Hidup ini terus maju dan berkurang. Karena hidup ibarat sebuah lingkaran. Selesaikan satu masalah, dan kemudian kita beralih pada masalah-masalah yang lain.

Allah SWT berfirman :

“ Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.”

(Q.S. Alam Nasyrah [94] : 7-8)




Rasulullah SAW bersabda :

Dari Aisyah RA berkata: “Nabi SAW, ditanya: Amal apa yang paling dicintai? Nabi SAW, menjawab: berkelanjutan meskipun sedikit. Lakukanlah dari amal yang kamu sanggup kerjakan.”

[HR Bukhari]

Pepatah orang tua :

Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.


Salam SuksesBahagia !!!


Imam Nugroho
Mindseter SuksesBahagia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Labels

Popular Posts