Senin, 19 Maret 2012

Pasti Ada Hikmah Dari Setiap Kejadian


Alkisah. Disebuah kerajaan kuno, terdapat seorang penasehat raja yang jika ditanya pendapat atas setiap kejadian yang menimpa kerjaan tersebut, dia selalu menjawab “Pasti ada hikmah disetiap kejadian yang menimpa negeri ini”. Sehingga kadang membuat raja marah dan tersinggung, karena merasa diabaikan permintaan pendapatnya itu.
Pada suatu hari, raja sedang makan bersama keluarga. Tiba-tiba ketika makan, pisau yang dipakai untuk memotong daging, melukai jari telunjuk raja dengan sangat dalam dan mengeluarkan darah yang banyak. Setelah beberapa hari, ternyata luka tersebut menjadikan telunjuk raja harus diamputasi karena infeksi akut. Maka, hilanglah jari telunjuk raja. Maka raja bertanya kepada penasehatnya, mengapa hal itu bisa terjadi pada seorang raja. Dan lagi-lagi, penasehat hanya menjawab,” Tuanku, tidak perlu bersedih dan merasa kecil hati. Bersabarlah, pasti akan ada hikmah dibalik semua ini.”

Saking jengkelnya dengan jawaban penasehat yang selalu itu-itu saja, raja akhirnya memenjarakan penasehat itu karena dianggap tidak cerdas bahkan ada kesan menyepelekan raja. Penasehat raja-pun dipenjarakan untuk beberapa tahun.
Selang beberapa minggu kemudian, raja berhasrat untuk berburu rusa ke hutan. Maka beliau mengajak beberapa petinggi kerjaan kecuali penasehatnya yang terpenjara. Sesampainya di hutan, raja begitu senangnya berburu (hobinya kali yak). Karena keasyikan berburu, raja tersesat dan terpisah dari rombongan kerajaan. Raja pun kebingungan dan mulai tampak ketakutan karena sendirian di tengah hutan. Tiba-tiba datanglah segerombolan mahluk aneh (mungkin mirip suku dayak kali yak) dan menangkap raja. Ternyata, setelah ditangkap, raja itu akan dijadikan korban buat sesembahan mehluk aneh tersebut. Raja semakin ketakutan dan beberapa lintasan negatif-pun muncul dalam pikirannya.
Namun pada saat akan dikorbankan, sang kepala mahluk aneh itu melihat jari telunjuk raja tidak ada. Maka diapun marah dan menyalahkan pasukannya yang telah menangkap raja itu. Menurutnya, sesembahannya tidak akan menerima korban yang cacat walau sedikitpun. Akhirnya raja dilepaskan. Setelah dilepaskan raja ditemukan lemas kelaparan oleh prajurit yang ikut dalam rombongan perburuan.
Raja kembali ke istana. Di istana, raja merenungi kejadian yang baru saja menimpa dirinya. Dia tersadarkan, benar, ada hikmah dibalik setiap kejadian. Andai saja jari telunjuknya masih ada, dia sudah terbunuh dijadikan korban oleh mahluk aneh di tengah hutan. Akhirnya raja membenarkan penasehatnya yang selalu berkata ada hikmah disetiap kejadian. Raja membebaskan penasehat.
Raja berkata kepada penasehat,”Penasehat, kau benar, ada hikmah disetiap kejadian. Andai jari telunjuk saya masih ada, saya sudah dijadikan korban oleh mahluk aneh di tengah hutan. Terima kasih penasehat.”
Penasehat menjawab,”Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada raja yang telah menyelamatkan nyawa saya.”
“Lho, menyelamatkan bagaimana”
“Kalau saya tidak dipenjara, saya akan ikut bersama rombongan untuk berburu. Dan sebagai penasehat, saya akan selalu Neraca disamping paduka raja sampai ketika raja tersesat dan tertangkap mahluk aneh. Ketika saya ada disana, saya yang akan dijadikan korban. Tapi karena saya dipenjara, maka saya tetap ada disini. Inilah hikmah ketika saya dipenjara.”
PASTI ADA HIKMAH DISETIAP KEJADIAN !!!


Imam Nugroho | MSB
Mindsetter SuksesBahagia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Labels

Popular Posts