Selasa, 31 Januari 2012

INDAHNYA TAMAN BUNGA (Kepemimpinan yang Cerdas)



Pernahkah Anda melihat keindahan bunga di taman? Anda tahu mengapa bunga tersebut tampak terlihat indah? Salah satu rahasianya adalah bunga tersebut terdiri dari warna-warni yang berbeda. Ada merah, hijau, kuning, putih, dan warna khas bunga yang lainnya. Bayangkan jika bunga di taman hanya terdiri dari satu warna, tentu tidak akan seindah bunga yang terdiri dari berbagai warna, bukan?

Rahasia kedua kenapa bunga di taman terlihat indah adalah karena dipelihara atau dirawat oleh orang yang ahli dibidangnya. Jika bukan ahlinya, bukan keindahan yang didapatkan, tapi bunga-bunga yang berantakan, atau bahkan sampai layu dan berguguran. Orang yang ahli dalam “perbungaan” akan memelihara bunga dengan penuh cinta. Dia tidak rela jika ada hama yang menyerang. Dia tidak senang jika bunganya tumbuh dengan berantakan. Dia akan menyirami dengan teratur, memberinya pupuk, racun buat hama, dan beberapa aktivitas lain dalam rangka menjaga bunga agar tetap tumbuh dengan indah. Bunga yang indah akan semakin tampak indah !

Sahabat,

Perbedaan itu indah. Jika semua manusia sama (sifat dan wataknya) tentulah tidak akan “hidup” kehidupan ini. Jika semua orang dalam sebuah tim kerja memiliki kesamaan dalam segala hal (kecuali kesamaan visi, misi, dan tujuan), tentulah tim itu akan stagnan tidak dinamis. Justru sebuah tim kerja (organisasi) yang terdiri dari beberapa karakter, sifat, dan kemampuan yang berbeda-beda, itu akan menambah khasanah keindahan dan kehidupan didalamnya. Akan ada sinergitas didalamnya. Semua akan saling melengkapi. Maka jangan pernah memaksakan kesamaan segala hal dalam sebuah tim. Yang terpenting adalah setiap individu yang ada didalamnya, “sadar” dengan apa yang seharusnya dilakukan untuk pencapaian visi, misi, dan tujuan bersama. Biarkanlah aksinya berbeda yang penting sama tujuannya.

Ketika tim terdiri dari beberapa sifat dan karakter yang berbeda, agar lebih “indah”, maka sebuah tim kerja seyognyanya dikelola oleh pemimpin yang ahli dibidangnya, pemimpin yang dapat menyatukan semua potensi yang dimiliki timnya, pemimpin yang mampu mengembangkan telenta orang-orang yang ada didalamnya.

Dia adalah pemimpin yang tidak rela jika ada hama yang menyerang timnya. Hama permusuhan, hama pertengkaran, hama egoisme, hama saling menyalahkan. Bukan pemimpin yang justru menebarkan hama didalamnya. Dialah pemimpin yang akan menyirami timnya dengan kesejukan nasehat, solusi terbaik, bukan menyirami dengan air panas kedukaan dan kekecewaan. Itulah pemimpin yang mencintai timnya.

Pemimpin yang memimpin timnya dengan cinta, dia tidak mencari “kambing hitam” atas setiap permasalahan. Mencari akar permasalahan adalah untuk memberikan solusi, bukan menyalahkan orang yang ada didalamnya. Luar biasa !! Sungguh pemimpin yang mencintai timnya adalah pemimpin yang tidak hanya mementingkan diri sendiri, yang dipentingkan adalah bagaimana dengan tim yang ada, semua berjalan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan yang telah ditentukan.

Sehingga taman team work akan begitu indah. Ingat, TEAMadalah Together Everyone Achieve More !! Selalu bersama dalam setiap suka dan duka, selalu bersama untuk sesuatu yang lebih gemilang, selalu bersama untuk solusi yang terbaik, tidak sendirian, tidak ingin menang sendiri dengan “mengorbankan” orang lain !!!!

Sahabat,

Peliharalah taman bunga yang indah. Berdayakan perbedaan yang ada, talenta yang berbeda. Satukan dalam ikatan cinta. Basmi hama permusuhan dan saling menyalahkan. Sirami dengan sejuknya nasehat dan solusi atas setiap permasalahan yang terjadi.

Biarkanlah bunga tumbuh dengan subur. Dan pada akhirnya akan mengeluarkan wangi  segar. Itulah wangi indahnya kebersamaan dalam perbedaan dan cinta. Semoga kita menjadi pemelihara bunga yang cerdas, pemimpin yang bijak, dan berkarya yang nyata. Berkarya bersama TIM YANG BESAR !!!



Salam SuksesBahagia!!!

KAMAL, Imam
Mindsetter SuksesBahagia

2 komentar:

 

Labels

Popular Posts